Tentang UGM
FEB UGM
Perpustakaan UGM
Webmail @UGM
Bahasa Indonesia
English
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Magister Sains dan Doktor

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Banner
Home The News Pelatihan Public Speaking Mahasiswa Baru Program MD
Pelatihan Public Speaking Mahasiswa Baru Program MD PDF Print E-mail
Written by admisi   
Saturday, 26 August 2017 14:14

Bapak Ferry Anggara memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan.

YOGYAKARTA, dalam rangka meningkatkan kemampuan berkomunikasi mahasiswa baru, program MD mengadakan pelatihan public speaking pada hari Jumat (25/08/2017). Acara bertempat di Ruang Auditorium BRI lantai 3 Gedung MD FEB UGM. Trainer adalah Ferry Anggara, yang merupakan profesional MC dan presenter berita TVRI. Beliau juga telah berpengalaman mengisi training public speaking di berbagai institusi besar di Indonesia.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan sambutan yang disampaikan oleh Dr. Nurul Indarti selaku ketua program studi manajemen MD FEB UGM. Dalam sambutannya, Dr. Nurul menyampaikan bahwa pelatihan public speaking diadakan dalam rangka mencapai salah satu misi FEB UGM, yaitu creating leaders. Untuk program MD sendiri, yang dimaksud dengan leader adalah leading in research. Untuk menjadi leader in research and academic dibutuhkan tiga hal, yaitu knowledge skill, methodological skill, dan communication skill.

Setelah sambutan selesai, acara sepenuhnya diserahkan kepada trainer. Bapak Ferry membuka acara pelatihan dengan memperkenalkan dirinya dan menceritakan perjalanan karier nya sebagai seorang MC, presenter dan trainer. Setelah itu, beliau menyampaikan pentingnya memiliki kemampuan public speaking yang baik bagi seseorang, terutama seorang akademisi. Pak Ferry mengatakan bahwa public speaking yang baik akan sangat berperan bagi keberhasilan transfer knowledge. Sehingga setiap akademisi wajib memiliki kemampuan tersebut agar apa yang ia sampaikan dapat diserap dengan baik oleh audience.

Dalam training tersebut, Bapak Ferry menyampaikan beberapa hal yang harus dipahami agar bisa menjadi public speaker yang baik, seperti: elemen-elemen public speaking; pentingnya memperhatikan psikologi, situasi, dan demografis audience; faktor-faktor yang mempengaruhi rasa percaya diri pada saat berbicara di depan umum; strategi penyajian yang efektif dan komunikatif; serta pentingnya ekspresi wajah, eye contact, dan gesture yang tepat dalam berbicara. Selanjutnya Bapak Ferry memaparkan bagaimana cara melakukan opening, menyampaikan body content, dan melakukan closing.

Training yang berlangsung selama tiga jam tersebut berlangsung dengan kondusif dan interaktif. Trainer selalu melibatkan interaksi dengan audience dalam menyampaikan materi. Bahkan beberapa kali trainer meminta audience untuk maju ke depan untuk mempraktikkan materi yang telah disampaikan. Kemampuan trainer untuk menarik perhatian audience menjadikan acara tersebut tidak membosankan.

Acara berakhir pukul 11.00 WIB. Di akhir acara, trainer menyampaikan bahwa kunci sukses menjadi pembicara adalah ‘selalu belajar, berlatih dan memperbaiki diri’. Setelah melakukan closing, Bapak Ferry meminta seluruh peserta untuk berfoto bersama sebelum meninggalkan ruangan. (DS)

Share
Last Updated on Monday, 30 October 2017 06:42