Tentang UGM
FEB UGM
Perpustakaan UGM
Webmail @UGM
Bahasa Indonesia
English
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Magister Sains dan Doktor

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Home Berita
Berita
Kunjungan dari Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor PDF Print E-mail
Wednesday, 13 September 2017 04:58



Prof. Dr. Ir. M. Syamsul Ma’arif, M.Eng menyampaikan tujuan dari kunjungan yang ia lakukan bersama rekan-rekannya dari IPB.

YOGYAKARTA – Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor melakukan kunjungan ke program MD FEB UGM dalam rangka studi banding pada hari Selasa (12/09/2017). Kunjungan dihadiri oleh empat orang perwakilan dari Sekolah Bisnis IPB, yaitu Prof. Dr. Ir. M. Syamsul Ma’arif, M.Eng., selaku Ketua Divisi Inovasi, Kewirausahaan, dan Keberlanjutan Sekolah Bisnis IPB, Dra. Alfa Chasanah, M.A, selaku anggota Divisi Sekolah Bisnis IPB, Febriantina Dewi, S.E., M.M., M.Sc., selaku anggota Divisi Sekolah Bisnis IPB, dan Ali Masri, selaku tenaga kependidikan Divisi Sekolah Bisnis IPB. Sedangkan perwakilan dari MD FEB UGM dihadiri oleh Dr. Amin Wibowo, M.B.A, selaku Kepala Departemen Manajemen FEB UGM dan Dr. Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand. Merc., selaku Ketua Program Studi Magister Sains dan Doktor Ilmu Manajemen.

Acara dimulai pukul 16.30 WIB, dengan perkenalan antara kedua belah pihak. Setelah sesi perkenalan, Prof. Dr. Ir. M. Syamsul Ma’arif menyampaikan bahwa saat ini Sekolah Bisnis IPB sedang mengembangkan keilmuan di bidang inovasi, kewirausahaan, dan keberlanjutan. Oleh karena itu, tujuan beliau dan rekan-rekan dalam kunjungan kali ini adalah ingin belajar dari UGM terkait program-program yang diterapkan untuk mengembangkan keilmuan di bidang inovasi, kewirausahaan, dan keberlanjutan.

Dalam kunjungan tersebut Dr. Amin Wibowo menyatakan bahwa terkait keilmuan di bidang inovasi, kewirausahaan, dan keberlanjutan, FEB UGM lebih fokus pada pendalaman ilmu terkait inovasi dan kewirausahaan. Kedua ilmu tersebut menjadi mata kuliah yang terdapat pada kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa S1, S2, maupun S3. Beliau juga mengatakan bahwa jurusan manajemen FEB UGM memiliki empat bidang minat. Masing-masing dosen hanya boleh berfokus pada salah satu bidang minat saja. Sehingga diharapkan masing-masing dosen benar-benar menguasai bidang minat yang diampunya.

Terkait dengan perkembangan kurikulum, Dr. Nurul Indarti mengatakan bahwa UGM sudah mengenalkan matakuliah kewirausahaan sejak tahun 1990-an sebagai matakuliah pilihan. Matakuliah tersebut menjadi matakuliah wajib setelah akhir tahun 1990-an. Matakuliah inovasi sendiri merupakan matakuliah yang cenderung baru. Sedangkan infrastruktur kurikulum di UGM memang tidak ditujukan untuk mencetak mahasiswa sebagai the real entrepreneur, namun kurikulum didesain untuk memberi bekal mahasiswa terkait semangat dan pengetahuan yang harus dimiliki ketika menjadi seorang entrepreneur. Sehingga kurikulum yang ada saat ini hanya menekankan pada aspek kognitif, sedikit afektif dan experience.

Dr. Amin Wibowo juga menambahkan bahwa keputusan untuk tidak mendesain kurikulum yang ditujukan untuk membentuk entrepreneur memang disesuaikan dengan misi FEB UGM, yaitu membentuk leader bukan membentuk entrepreneur. Beliau juga mengatakan bahwa matakuliah yang diberikan akan selalu dievaluasi agar sesuai dengan perkembangan yang ada. Sehingga terdapat matakuliah yang memang tidak ada di universitas lain namun diadakan di UGM karena memang dirasa penting untuk diberikan, seperti matakuliah marketing model.

Selain membahas tentang pekembangan kurikulum, kunjungan kali ini juga membahas tentang proses peminatan, proses penyelesaian tesis dan disertasi, KKN, kedalaman materi yang diajarkan untuk mahasiswa S1, S2, dan S3, penetapan kode matakuliah, dan akses dengan industri. Acara berakhir pukul 17.30 WIB dengan pemberian kenang-kenangan dari kedua belah pihak. (DS)


Dr. Nurul Indarti, Sivilokonom, Cand. Merc. dan Dr. Amin Wibowo, M.B.A. menerima kenang-kenangan yang diberikan oleh Sekolah Bisnis IPB.

Prof. Dr. Ir. M. Syamsul Ma’arif, M.Eng menerima kenang-kenangan yang diberikan oleh MD FEB UGM.

 
Kuliah Umum Supply Chain Management oleh Ferry Jie, Ph.D. PDF Print E-mail
Monday, 11 September 2017 06:58

Penjelasan materi tentang riset di bidang supply chain management oleh Ferry Jie, Ph.D.

YOGYAKARTA -  Program Magister Sains dan Doktor FEB UGM mengadakan kuliah umum dengan tema “Supply Chain Management: Current Research and Future Research”. Acara diadakan pada hari Senin (11/09/2017) di ruang Lippo lantai 2 Gedung MD FEB UGM. Pembicara pada kuliah umum ini adalah Ferry Jie, Ph.D. Beliau merupakan Associate Professor dari School of Business and Law, Edith Cowan University, Western Australia. Acara ini dimoderatori oleh Nurul Indarti Ph.D, kepala program studi Ilmu Manajemen MD FEB UGM.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB dengan pembacaan CV pembicara oleh moderator. Topik pembahasan yang disampaikan oleh Ferry Jie, Ph.D. bertema supply chain management. Pembahasan meliputi: pengertian supply chain management; struktur dari supply chain management; cara mendesain supply chain; hal-hal yang menyebabkan gagalnya desain supply chain yang proaktif; pemetaan dalam supply chain; cara membuat pemetaan dalam supply chain; dan struktur supply chain daging sapi di Australia.

Dalam kuliah umum, pembicara juga membagi pengalaman beliau dalam melakukan riset dan bagaimana tips-tips untuk melakukan publikasi internasional di jurnal-jurnal top tier. Beliau menceritakan pengalaman kerjasama penelitian dengan beberapa institusi besar di Indonesia, dan melalui forum ini diharapkan dapat membuka kerjasama penelitian dengan dosen-dosen di UGM.  Pembicara juga memberi motivasi kepada seluruh peserta, yang merupakan mahasiswa S1, S2 dan S3, agar dapat melakukan penelitian dengan sebaik mungkin. Pembicara tidak lupa untuk mengingatkan agar peserta tidak asal-asalan dalam memilih jurnal untuk publikasi.

Pembicara membuka sesi pertanyaan di akhir presentasinya. Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan oleh pihak MD FEB UGM dan foto bersama dengan seluruh peserta. Acara berakhir pukul 11.30 WIB. (DS-NH)



Foto bersama peserta kuliah umum, Nurul Indarti Ph.D, dan Ferry Jie, Ph.D.

 
Kunjungan Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Bosowa PDF Print E-mail
Friday, 08 September 2017 08:19

Peserta kunjungan foto bersama Dr. Amin Wibowo di Ruang Lippo Lt. 2 Gedung MD FEB UGM.

Yogyakarta – MD UGM mendapatkan kunjungan dari sebagian dosen dan mahasiswa pascasarjana Program Studi Manajemen Universitas Bosowa, Makassar, Sulawesi Selatan. Kunjungan dilakukan pada hari Jumat (08/09/2017) pukul 08.00 s.d 10.30 WIB. Kunjungan dibuka dengan sambutan dan pengenalan program studi manajemen MD FEB UGM, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium komputer dan perpustakaan MD FEB UGM.

Sambutan dan pengenalan Program Studi Manajemen MD FEB UGM disampaikan oleh Dr. Amin Wibowo selaku Ketua Departemen Manajemen FEB UGM di Ruang Lippo Lt. 2 Gedung MD FEB UGM. Pada awal sambutannya, beliau memberikan penjelasan mengenai Visi & Misi MD FEB UGM. Beliau menekankan bahwa berdasarkan visi dan misi yang telah disampaikan, tujuan utama dari MD FEB UGM adalah menciptakan academic leader, bukan professional leader. Untuk itu, program MD memang dikhususkan untuk mencetak pengajar dan peneliti. Selanjutnya Dr. Amin juga menjelaskan tentang Learning Goal dan Learning Objective MD Program Studi Manajemen. Beliau menjelaskan bahwa mahasiswa MD program studi manajemen diharapkan mendapatkan pemahaman secara komprehensif terkait pengetahuan di bidang manajemen dengan pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan S1. Dr. Amin juga menjelaskan mengenai metode pengukuran capaian pembelajaran. Dalam mengukur capaian pembelajaran, program studi manajemen MD FEB UGM tidak hanya menggunakan evaluasi dari dosen namun juga menggunakan independen evaluator. Beliau juga menjelaskan terkait komposisi dosen dan matakuliah yang diajarkan. Di akhir acara, Dr. Amin memberikan kesempatan kepada para peserta kunjungan untuk mengajukan pertanyaan. Sesi sambutan dan pengenalan berakhir pukul 09.00 WIB. Setelah itu dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium komputer dan perpustakaan.

 

Presentasi e-journal oleh Kepala Bagian Teknologi Informasi, Handayani, S.E.

Setelah tiba di laboratorium komputer MD FEB UGM, peserta kunjungan mendapatkan penjelasan terkait akses e-journal oleh Kepala Bagian Teknologi Informasi, Handayani, S.E. Beliau memberikan penjelasan mengenai berbagai jurnal yang dilanggan oleh UGM dan akses unggah mandiri UGM. Setelah itu, peserta diberi kesempatan untuk mencoba secara langsung akses e journal menggunakan komputer yang tersedia di laboratorium. Pukul 10.00 WIB peserta dimobilisasi untuk melakukan kunjungan ke perpustakaan untuk melihat koleksi di perpustakaan. (DS)

 
Mahasiswa MD Mendapatkan Pelatihan Akses E-Journal dan Database PDF Print E-mail
Wednesday, 30 August 2017 09:45

Bapak Bagus Wijaya menjelaskan penggunaan aplikasi ‘Mendeley’.

YOGYAKARTA – Mahasiswa MD FEB UGM mendapatkan pelatihan akses e-journal dan database dari tim perpustakaan UGM di Ruang Auditorium BRI Lantai 3 Gedung MD FEB UGM, Rabu (30/08/2017). Tujuan diadakan pelatihan tersebut adalah untuk mendukung UGM menjadi universitas riset berkelas internasional. Pelatihan tersebut diadakan di 18 fakultas, sekolah pascasarjana, sekolah vokasi, dan pusat UGM. Pengisi acara adalah Ibu Maryatun, yang saat ini menjabat sebagai ketua unit perpustakaan FEB UGM dan Bapak Bagus Wijaya, yang saat ini menjadi kepustakawan dari Fakultas Teknik UGM.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB. Sesi pertama diisi oleh Ibu Maryatun. Dalam sosialisasinya, Ibu Maryatun menjelaskan tentang jurnal dan majalah yang dilanggan oleh UGM dan cara mengaksesnya. Beliau juga menyampaikan bahwa akses terhadap e-journal maupun database di UGM masih dibawah 20%. Sehingga mahasiswa dihimbau untuk meningkatkan tingkat akses terhadap e-journal maupun database yang dilanggan oleh UGM.

Pada sesi kedua, Bapak Bagus Wijaya menjelaskan tentang reference management tool dengan menggunakan aplikasi ‘Mendeley’. Dalam penjelasannya, Bapak Bagus mengatakan bahwa Mendelay merupakan salah satu aplikasi yang berguna untuk manajemen dokumen, menulis sitasi secara otomatis, dan media jejaring antar peneliti ilmiah. Sehingga dengan menggunakan aplikasi tersebut mahasiswa yang sedang membuat karya akhir tidak perlu lagi menulis daftar pustaka secara manual. Penggunaan aplikasi tersebut juga akan meminimalisasi terjadinya plagiarism akibat lupa atau salah menuliskan referensi. Selain memberikan penjelasan mengenai apa itu Mendeley dan juga kegunaannya, pembicara juga mendemonstrasikan cara penggunaan aplikasi tersebut. (DS)

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 6 of 62