Tentang UGM
FEB UGM
Perpustakaan UGM
Webmail @UGM
Bahasa Indonesia
English
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Magister Sains dan Doktor

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Home Berita
Berita
Ujian Terbuka Promosi Doktor oleh Sunaryati M.Si PDF Print E-mail
Tuesday, 20 February 2018 02:46

Yogyakarta – Senin, 12 Februari 2018, Program Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada kembali melaksanakan ujian terbuka promosi doktor, pada kesempatan ini Sunaryati merupakan mahasiswa doktor program studi ilmu ekonomi dan merupakan dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sunaryati resmi menyandang gelar doktor yang ke-3884 di Universitas Gadjah Mada, dan yang ke-247 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada setelah menyelesaikan ujian terbuka. Disertasi yang disusun berjudul “Studi Tentang Tabungan Rumah Tangga di Indonesia: Hipotesis Siklus Hidup, Struktur Demografi, Dampak Kepemilikan Asuransi dan Pensiun” yang dinyatakan lulus dengan nilai sangat memuaskan.

Ketua sidang Eko Suwardi, Ph.D yang merupakan Dekan FEB UGM memimpin ujian terbuka promosi doktor dan memperkenalkan tim promotor Prof. Sri Adiningsih, Denni Puspa Purbasari, Ph.D, tim penguji yang terdiri dari Prof. Catur Sugiyanto, Ardiyanto Fitrady, Ph.D, Dr. Evi Noor Affifah, Diny Ghuzini, Ph.D, Dr. Murti Lestari, dan Eny Sulistyaningrum, Ph.D.

Disertasi yang diujikan menjelaskan bahwa hipotesis siklus hidup mengasumsikan bahwa seorang individu akan meratakan tingkat konsumsi (consumption smoothing) di sepanjang hidupnya. Ini dikarenakan adanya fluktuasi pendapatan yang diperoleh dari bekerja (labour income) dan perubahan jumlah anggota rumah tangga dari waktu ke waktu. Akibatnya, tabungan akan bervariasi di sepanjang waktu, yakni tingkat tabungan akan rendah pada saat individu baru mulai bekerja, kemudian tabungan akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia dan pendapatan. Selanjutnya, tabungan akan menurun dan bahkan menjadi negatif ketika seorang individu memasuki masa pensiun. Dalam perkembangannya, sebagian besar model tabungan yang ada mempertimbangkan peran faktor demografi dengan melihat kenyataan bahwa pada berbagai tahapan usia, seorang individu memiliki tingkat tabungan yang berbeda. Selain itu, adanya kepemilikan asuransi ataupun pensiun oleh rumah tangga juga berpengaruh terhadap tabungan.

Selamat Dr. Sunaryati M.Si, semoga gelar dan ilmu yang didapatkan dapat berguna bagi dunia pendidikan, dan memajukan dunia pendidikan serta instansi tempat mengabdi.

 
Dua mahasiswa Program Magister Sains FEB UGM mengikuti Student Exchange Program di Jepang PDF Print E-mail
Tuesday, 20 February 2018 02:32

 

Dua mahasiswa program Magister Sains Prodi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Adin Gustina dan I Gede Krisna Sukma Putra mendapat kesempatan untuk mengikuti Student Exchange Program di Kyoto University-Japan selama bulan Desember 2017 – Januari 2018. Student Exchange Program ini merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh Kyoto University yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari negara-negara ASEAN seperti Korea, Filipina, Vietnam, China, dan dari negara lain dengan exchange program yang berbeda-beda. Selama program ini berlangsung mahasiswa didampingi Prof. Shuji Hisano yang merupakan Ketua exchange student program dan sekaligus Professor of International Political Economy of Agriculture Graduate School of Economics, Kyoto University.

Kegiatan perkuliahan dimulai bulan Desember 2017, dengan mengambil tiga mata kuliah yaitu comparative development study, economy & ASEAN sustainability, dan field research. Selama kegiatan perkuliahan, terdapat beberapa aktivitas di kelas seperti diskusi dan presentasi. Selain itu, pada mata kuliah field research, mahasiswa diminta untuk langsung terjun ke lapangan untuk melihat proses nyata yang terjadi di lapangan. Setelah menyelesaikan program exchange, memperoleh beberapa pengetahuan baru yang dapat dibagikan. Hal ini merupakan hal yang penting yang harus dikembangkan juga di Indonesia agar pembangunan yang kita lakukan tidak memberikan dampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat. Pada awalnya, mereka sebagai mahasiswa ekonomi sangat fokus terhadap segala jenis pertumbuhan, tetapi setelah mengikuti program ini mereka menjadi paham bahwa pertumbuhan dan pembangunan yang akan kita buat di masa depan tidak boleh merugikan lingkungan dan kegiatan di sekitarnya.

Pada akhirnya, program ini sangat bermanfaat karena mahasiswa memperoleh banyak perspektif baru. Selain itu, mahasiswa dapat menikmati international exposure yang didesain dalam suasana akademik.

 
Penyambutan Mahasiswa Baru Semester Genap T.A. 2017/2018 PDF Print E-mail
Monday, 12 February 2018 01:31

mahasiswa baru semester genap 2017/2018

peserta pengarahan akademik

Jumat, 2 Februari 2018 bertempat di Auditorium BRI lantai 3, Program MD FEB UGM menyelenggarakan acara penyambutan mahasiswa baru yang akan mengikuti perkuliahan perdananya pada 5 Februari 2018. Acara penyambutan mahasiswa baru dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama diisi materi mengenai pengarahan akademik dengan pembicara Pengelola Program Studi dan sesi kedua diisi materi Pengenalan Sejarah, Nilai, dan Filosofi Ke-UGM-an dengan pembicara Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A(K).

Pada acara sesi pengarahan akademik dibuka oleh Prof. Jogiyanto Hartono yang merupakan koordinator Program MD FEB UGM sekaligus pengelola program studi akuntansi. Pada kesempatan ini Prof. Jogiyanto Hartono mengenalkan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM secara umum dan Program MD FEB secara khusus. Dalam pemaparan Prof. Jogiyanto Hartono menyampaikan mahasiswa harus memahami dan mengamalkan nilai-nilai FEB, yaitu: Integritas, Profesionalisme, Obyektivitas, Kebebasan Akademik, dan Kepedulian Sosial. FEB UGM sebagai sebagai satu-satunya sekolah bisnis di Indonesia yang mendapatkan akreditasi dari Association Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) mendorong seluruh sivitas akademik mewujudkan tiga pilar, yaitu: Innovation, Impact, Engagement. Selanjutnya Prof. Jogiyanto Hartono menjelaskan mengenai proses pembelajaran, peraturan, dan kebijakan akademik dan non akademik Program MD FEB UGM. Diharapkan mahasiswa dapat memahami bagaimana proses pembelajaran sejak awal karena pemahaman dan komitmen ini merupakan kunci keberhasilan dalan menjalani pendidikan di Program MD FEB UGM.  Setelah pemaparan tersebut dilanjutkan oleh Dr. Nurul Indarti yang merupakan Pengelola Program Studi Manajemen, pada kesempatan ini berbagi kiat sukses belajar di Program MD FEB UGM. Yang terakhir Pengelola Program Studi Ilmu Ekonomi, Prof. Catur Sugiyanto menyampaikan bahwa mahasiswa baru akan mendapat banyak ilmu pengetahuan,soft skill, dan pengalaman dari proses belajar di program MD FEB UGM.

Sesi kedua yang dimulai pada pukul 13.00 WIB diisi dengan materi Ke-UGM-an dengan menghadirkan pemateri Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A(K) yang merupakan guru besar Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada. Beliau menjelaskan mengenai sejarah, dan latar belakang berdirinya Universitas Gadjah Mada. Keberadaan Universitas Gadjah Mada sebagai kampus tertua di Indonesia dan merupakan perintis lahirnya Perguruan Tinggi Nasional di Indonesia menjadi hal yang penting untuk dipelajari oleh para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di UGM sebagai bekal untuk memaknai dan memahami tujuan dari para pendiri UGM serta mengembangkan keilmuannya baik untuk masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia.

Sesi kuliah umum Ke-UGM-an dilanjutkan dengan perkenalan dan pemaparan dari Forum Komunikasi Mahasiswa MSi (FORKOMSI). Bagi mahasiswa yang ingin aktif dalam kegiatan berorganisasi, dapat bergabung dengan FORKOMSI.

Kami Pengelola Program MD FEB UGM mengucapkan selamat datang dan selamat belajar para mahasiswa baru.

 
Promosi Doktor Aniek Hindrayani M.Si PDF Print E-mail
Wednesday, 07 February 2018 04:55

Yogyakarta – Selasa, 30 Januari 2018, program doktoral Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada kembali mengadakan ujian terbuka promosi doktor. Aniek Hindrayani yang merupakan mahasiswa program doktoral program studi manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada. Aniek Hindrayani resmi menyandang gelar doktor yang ke 3875 di Universitas Gadjah Mada, dan yang ke 246 di Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada setelah menyelesaikan ujian terbuka dengan disertasi yang berjudul “Kendala Keuangan, Bank-Firm Relationships, Keputusan Investasi, dan Kinerja Perusahaan” yang dinyatakan lulus dengan nilai sangat memuaskan.

Ujian terbuka promosi doktor dibuka oleh ketua sidang Eko Suwardi, Ph.D selaku Dekan FEB UGM, selanjutnya Dr. Aniek Hindrayani yang merupakan dosen prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh tim penguji yaitu Prof. Eduardus Tandelilin, Dr. Suad Husnan, Dr. I Wayan Nuka Lantara, Dr. Mamduh M. Hanafi, Dr. Bowo Setiyono, Dr. Wendy, Dr. Agus Setiawan, dan Dr. Eddy Junarsin.

Disertasi yang diujikan menjelaskan bahwa bank-firm relationships dapat memengaruhi kinerja perusahaan secara positif. Secara lebih mendalam, pengaruh tersebut dapat dilihat dari kemampuan keuangan perusahaan untuk menjaga ketersediaan pendanaan. Dengan bank-firm relationships kuat, kendala keuangan dapat diatasi, dan permasalahan informasi asimetris dapat dikurangi. Dengan demikian perusahaan dapat terhindar dari underinvestment. Bank-firm relationships kuat juga dapat mengurangi permasalahan overinvestment pada perusahaan dalam tahap mature, yang diindikasikan oleh operating cash flow positif, financing cash flow negatif, dan investment cash flow negatif.

Selamat Dr. Aniek Hindrayani M.Si, semoga gelar dan ilmu yang didapatkan dapat berguna bagi dunia pendidikan, dan memajukan dunia pendidikan serta instansi dimana mengabdi.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 1 of 65